Mengenal Arti Pecaha

BILANGAN PECAHAN

Pengertian

  • Bilangan pecahan merupakan bilangan yang mempunyai jumlah kurang atau lebih dari utuh.
  • Terdiri dari pembilang dan penyebut.
  • Pembilangan merupakan bilangan terbagi.
  • Penyebut merupakan bilangan pembagi
Rumus Pecahan       =  Pembilang Penyebut

Contoh :

4 à  pembilang

5 à  penyebut

2 à  pembilang

3 à  penyebut

Jenis-Jenis Pecahan

1.  Pecahan biasa

  • Bilangan pecahan yang hanya terdiri atas pembilang dan penyebut.
  • Contoh :

117291431517

7     23     50     147     2012

2.Pecahan Campuran

  • Bilangan pecahan yang terdiri atas bilangan utuh, pembilang dan penyebut.
  • Contoh
6 2 6    :  bilangan utuh
3 2    :  pembilang
3    :  penyebut
12 7 12  :  bilangan utuh
8 7    :  pembilang
8    :  penyebut
27 1 27  :  bilangan utuh
5 1    :  pembilang
5    :  penyebut

3 .Pecahan Desimal

  • Merupakan bilangan yang didapat dari hasil pembagian suatu bilangan dengan 10, 100, 1.000, 10.000 dst.
  • Ditulis dengan menggunakan koma (,)
  • Contoh :

0,3       à  didapat dari 3 dibagi 10

0,65    à  didapat dari 65 dibagi 100

0.009  à  didapat dari 9 dibagi 1.000

1,45    à  didapat dari 145 dibagi 100

2,017  à  didapat dari 2.017 dibagi 1.000

4. Pecahan Persen

  • Persen artinya perseratus.
  • Merupakan suatu bilangan dibagi dengan seratus.
  • Contoh :

2 % artinya     2 =  0,02

100

15 % artinya   15 =  0,15

100

125 % artinya   125 =  1,25

100

5. Pecahan Permil

  • Permil artinya perseribu.
  • Merupakan suatu bilangan dibagi seribu
  • Ditulis dengan tanda ‰
  • Contoh :
15‰ Dibaca 15 permil
Artinya 15 per 1.000 (0,015)
115‰ Dibaca 115 permil
Artinya 115 per 1.000 (0,115)
245‰ Dibaca 245 permil
Artinya 245 per 1.000 (0,245)


MENENTUKAN PECAHAN SENILAI

  • Pecahan senilai merupakan pecahan yang mempunyai nilai sama
  • aa  x  nb       b  x  na  =  pembilang

    b  =  penyebut

    n  =  bilangan yang sama misalnya (1, 2, 3, 4, 5,…)

    Rumus  :

  • Contoh :

4 =   4 X 2 =   8

5        5 X 2      10

­1 =   1 X 3 =   3

3       3 X 3        9

MENGUBAH PECAHAN BIASA MENJADI PERSEN

  • a X 100 %b

    Rumus  :

  • Contoh :

33 X 100 %  =  60 %

5        5

11 X  100 %  =  12,5 %

8        8

MENGUBAH PECAHAN BIASA MENJADI PECAHAN CAMPURAN

  • a à  a : b menjadi bilangan utuhb          sisanya menjadi pembilangb menjadi penyebut

    Rumus  :

  • Contoh :

9 =   1 2

7             7

15 =   3  3

4             4

MENGUBAH BILANGAN PECAHAN CAMPURAN MENJADI PECAHAN BIASA

  • N a(N x b) + ab              bN  :  bilangan utuh

    a  :   pembilang

    b  :   penyebut

    Rumus  :

  • Contoh  :

1 =   (2 X 3) + 27

3                      3              3

12  7 =  (12 X 8) + 7103

8                    8                    8

Bilangan pecahan (Real Numbers) memiliki arti bilangan yang memiliki angka di sebelah tanda koma (atau titik, dalam format internasional) ada 2 jenis bilangan pecahan:
1. Bilangan rasional
Yaitu bilangan yang angka di sebelah kanan tanda koma (atau titik, dalam format internasional) memiliki batas.
Contohnya: 1/2 = 0.5; 1/64 = 0.015625

2. Bilangan irasional
Yaitu bilangan yang angka di sebelah kanan tanda koma (atau titik, dalam format internasional) tidak terbatas.
Contohnya: 1/3 = 0.33333…; 22/7 = 3.1428571428…

Permainan yang menggunakan kartu, misalnya untuk mengenalkan konsep dan pemahaman peserta didik Kejar Paket A khususnya terhadap pokok bahasan pecahan. Konsep yang dapat dipahami yaitu mengenal berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa dan pecahan desimal), pecahan senilai, menjumlahkan pecahan, serta membandingkan nilai pecahan (lebih dari dan kurang dari). Alat permainan yang dimaksud berupa kartu-kartu yaitu domino pecahan dan kartu pecahan. Domino pecahan dimainkan seperti domino biasa yaitu menyusun angka-angka pecahan yang senilai. Sedangkan Kartu pecahan dimainkan seperti kartu joker. Untuk mempermudah pemahaman peserta didik terhadap permainan materi pecahan dipersiapkan juga daftar angka-angka pecahan (pecahan biasa dan pecahan desimal).

Setelah pendidik menjelaskan materi pelajaran, peserta didik diarahkan untuk melaksanakan permainan. Kemudian peserta didik melaksanakan permainan sesuai dengan petunjuk pada permainan. Di akhir permainan ada pemberian hukuman/penghargaan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Selanjutnya pendidik dapat memberikan soal-soal latihan ataupun tugas mandiri dan tes penilaian hasil belajar untuk mengetahui daya serap peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan.

Permainan menebak tanggal lahir orang lain. Caranya: mintalah ia mengalikan tanggal lahirnya dengan 5; hasilnya lalu ditambahkan dengan 6; kemudian hasilnya dikalikan dengan 4; hasilnya lalu ditambahkan dengan 9; kemudian dikalikan dengan 5 dan hasilnya tambahkan dengan bulan kelahirannya (Januari=1, Februari=2, dst); selanjutnya mengurangkan hasilnya dengan 165 untuk memperoleh hasilnya.

Permainan komputer online. Para peneliti di London, Inggris, meyakini games seperti World of Warcraft dan Second Life dapat digunakan sebagai sarana edukasi.

Belajar matematika melalui permainan dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik serta menepis anggapan matematika itu sulit dan menyeramkan bahkan sebaliknya, belajar matematika itu mudah dan menyenangkan. Untuk itu, dituntut kreativitas pendidik dalam menyajikan/menyampaikan materi. Tak kalah pentingnya bagi orangtua agar turut berperan membantu anaknya belajar dengan cara yang menyenangkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s